Mengungkap Kasus Korupsi bersama Si Reporter Pingsan, dalam buku karya Sadryna Evanalia


Judul : Dêsolê
Penulis: Sadryna Evanalia
Penerbit: Grasindo
Tebal buku: 170 Halaman
Tahun terbit: 2018

Assalamualaikum...
Setelah minggu-minggu sebelumnya berjibaku dengan buku karya Rick Riordan yang mengharuskan imajinasiku berterbangan tak karuan, kini aku seperti diajak untuk berpikir secara rasional. Walaupun masih dalam dunia fiksi, tetap saja aku merasa membaca buku non fiksi. Bagaimana tidak, kali ini aku membaca karya Sadryna yang berlatar belakang seorang jurnalistik. Hal ini sangat sejalan dengan apa yang menjadi keseharianku sebagai seorang jurnalis kampus. Bedanya, dalam cerita ini jurnalis merupakan reporter TV sedangkan aku masih berupa reporter tulis siber dan majalah.

Sebelum mengobrol jauh mengenai ceritanya, cek blurbnya yuk...

*_*_*_

Selina Ardiwiratama Nugraha sangat ingin bisa tampil di TV untuk melaporkan liputannya sendiri. Namun, menjadi seorang Reporter ternyata tak mudah. Ia sempat patah semangat karena pingsan di tengah Live Report pertamanya saat kejadian polisi ditembak terduga teroris.

di tengah keputusasaannya, Kevin Alexander Sanjaya membantu Selina untuk bangkit lagi. Apalagi ketika Selina harus meliput ayahnya sendiri sebagai tersangka kasus korupsi.

*_*_*_

Setelah habis membaca blurb dari cerita, kita langsung bergeser ke tokohnya. Langsung kenalan satu persatu yok...

Selina Ardiwiratama Nugraha.
Perempuan yang kerap dipanggil Selin oleh teman-temannya itu merupakan seorang reporter baru di First News TV (FNTV). Wajahnya cantik dengan tubuh tinggi dan rambut hitam ikalnya. Ia baru bekerja sebagai reporter di FNTV tiga  bulan yang lalu. Ia memiliki pengalaman buruk pertama dalam menjalankan tugasnya sebagai reporter yaitu pingsan di saat melakukan live report untuk program breaking news di stasiun TV tempatnya bekerja. Hal itulah yang membuatnya mendapat julukan sebagai Si Pingsan.

Kevin Alexander Sanjaya.
laki-laki tinggi dengan wajah cerah dan tatapan mata yang tajam, dia adalah cameramen dari First News TV. Ia kerap menjadi partner Selin dalam menjalan tugas sebagai jurnalis TV. Dia juga orang yang bersama Selin ketika Selin pingsan dalam menyampaikan laporannya.

Di awal cerita, diceritakan bagaimana kejadian Selin pingsan saat melaporkan laporannya. Karena cerita itu pula, aku merasa cerita ini seru. Kemudian cerita berlanjut ke proses Selin berusaha untuk bisa membawakan laporannya secara langsung. Ia terus berlatih Live on Tape walaupun ia masih dalam kondisi tidak diberi kesempatan utnuk live report dalam jangka waktu yang tidak ditentukan.
Didukung oleh Kevin, ia mencoba untuk berlatih live report. Walaupun setengah hatinya ia masih merasa takut untuk berbicara di depan kamera. Namun, Kevin berhasil menyakinkannya. Bahkan saat situasi membuat Selin benar-benar gugup, Kevin berhasil menenangkan Selin. Saat-saat itulah benih-benih perasaan tumbuh di hati Selin.

Bahkan saat situasi di mana Selin harus mengungkap kasus yang menjerat ayahnya. Kevin masih setia menemani Selin, walaupun awalnya mereka sempat berbeda pendapat. Kevin terus membantu Selin mengungkap dalang dari kasus tersebut, kasus yang membuat ayahnya harus ditahan oleh pihak KPK.

Seperti yang aku bilang di awal, cerita ini memiliki latar belakang seorang jurnalis. Proses seorang jurnalis dalam mendapatkan informasi diceritakan dengan sangat detail. Aku seperti berkaca pada diriku sendiri saat aku harus melakukan doorstop (wawancara cegat) untuk mendapatkan informasi. Walaupun aku tahu, situasinya lebih tak terduga dari apa yang aku bayangkan.

Alur ceritanya sangat menarik dan membuatku tertarik untuk terus membacanya. Halaman buku yang tak terlalu tebal membuatku dapat menyelesaikannya dalam waktu yang singkat. Konflik yang diambil juga sangat menegangkan. Ada adegan yang membuatku ikut menegang. yaitu saat Selin harus mencoba bertahan di tengah kobaran api yang hampir merobohkan bangunan yang ia tempati saat itu. Ceritanya ditulis dengan sangat apik dan tetap ringan untuk dibaca.

Selanjutnya aku kasih bintang 4,5/5 untuk cerita ini. Bagi kalian yang suka cerita yang berlatar belakang jurnalis, atau tentang detektif yang sedang mengungkapkan kasus, aku merekomendasikan novel ini untuk masuk dalam readlist kalian. Terima kasih untuk partner reporterku, Lisa chilly yang sudah meminjamkan novelnya. Maaf, aku meminjamnya sebelum kamu menuntaskannya. :)

Sekian dari aku, bye bye... sampai ketemu di review lainnya.
Wassalamualaikum...


Post a Comment

0 Comments