laporan akhir produksi makanan, analisis SWOT



RINGKASAN PROYEK

A.    Manajemen
Nama Perusahaan                    :ANEKA RASA                                                                                  Nama Pemilik Perushaan       :  1. Alfiatun nadroh    
                                                   2. fauziah rahmawati
                                                       3. nunik asih styani   
                                                               4. umi farida              
                                                    5. yesi nur khofifah                                                                  Bidang Usaha                                    :Membuat dan Memasarkan
Jumlah Tenaga Kerja               : 5 orang

B.     Pemasaran
Produk yang Dipasarkan                     : keripik
Sasaran Konsumen / Pembeli              : umum
Wilayah Pemasaran                             :Seluruh wilayah jawa tengah                                    Rencana Penjualan / Tahun                        : 2015
Penetapan Harga Jual                          : Rp. 2000,-

C.    Keuangan
Total Pembiayaan Proyek                               : Rp.40.000,-
Penjualan per Hari                                           : -
Keuntungan per Hari                                      : -

D.    Daftar Riwayat Hidup Pengelola
Nama                                          :  Yesi nur khofifah                                                            Tempat dan Tanggal Lahir       :  Demak, 16 april 2000
Agama                                        : islam
Alamat Rumah                      : Jln. Kyai Turmudzi Kp. Yudamenggala    08/03 DEMAK
Alamat Tempat Usaha                : Jln. Kyai Turmudzi Kp. Yudamenggala 08/03     DEMAK
            Pendidikan Terakhir                    : SLTA/sederajat
Pelatihan yang telah diikuti        : -
Pengalaman                                 : usaha door to door


DAFTAR ISI

RINGKASAN PROYEK………………………………………………………    ii
A.    Manajemen…………………………………………………………        ii
B.     Pemasaran………………………………………………………….        ii
C.     Keuangan…………………………………………………………..        ii
D.    Daftar Riwayat Hidup……………………………………………...       ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………     iii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………    iv
A.    Judul Kegiatan………………………………………………………      iv
B.     Status Usaha…………………………………………………………     iv
C.     Rasional Kegiatan……………………………………………………     iv
D.    Tujian Kegiatan………………………………………………………     iv
BAB II METODE PELAKSANAAN……………………………………………            5
A.    Produk………………………………………………………………...   5
B.     Bahan Baku…………………………………………………………..    5
C.     Proses Produksi……………………………………………………….    5
D.    Pemasaran…………………………………………………………….    5
E.     Tempat Produksi……………………………………………………..     6
F.      Strategi Pemasaran……………………………………………………    6
G.    Analisis SWOT………………………………………………………..   6
BAB III RENCANA BIAYA……………………………………………………  7
A.    Rencana Biaya Usaha…………………………………………………   7
B.     Menghitung Harga Jual…………………………………………….…    7
BAB IV ORGANISASI PELAKSANA……………………………………….    8
A.    Personal………………………………………………………………     8
B.     Struktur Organisasi……………………………………………………   8
BAB V PENUTUP………………………………………………………………   9
A.    Lampiran………………………………………………………………   9




BAB I PENDAHULUAN
A.    Judul Kegiatan
Usaha keripik kentang
B.     Status Usaha
Usaha yang akan saya jalankan adalah usaha pengembangan.
C.    Rasional Kegiatan
Usaha keripik kentang yang akan kami dirikan adalah jenis usaha makanan berskala kecil yang menjual/membeli berbahan baku camilan sehat dan enak. Alasan kami dalam usaha keripik kentang ini adalah kami dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :
1.      Makanan adalah suatau kebutuhan pokok manusia. maka dari itu kami membuat ide untuk menjual camilan yang sehat dan enak.  
2.      Bahan baku yang digunakan tidak terlalu sulit dan mudah didapat. kami hanya membeli kentang dan berbagai keperluan mengggoreng sebagai bahan utamanya. Dan untuk lebih membuat pembeli tertarik kami melakukan promosi.
3.      Mengembangkan dan menuangkan kreativitas kami dengan bisnis ini, kami mencoba untuk pandai untuk memasarkannya.

D.    Tujuan Kegiatan
Tujuan dari didirikannya usaha keripik kentang ini adalah :
1.      Untuk mengembangkan kreatifitas kami dalam bidang kewirausahawan.
2.      Memanfaatkan kebutuhan sekunder manusia sebagai ide menjalankan suatu usaha.
3.      Sebagai bentuk pembelajaran kami dalam berwirausaha.


BAB II METODE PELAKSANAAN
A.    Produk
Produk makanan yang akan kami jual adalah keripik kentang beraneka ragam rasa.makanan-makanan ini bersifat universal, tidak hanya anak kecil yang menyukai tapi juga para remaja dan orang dewasa. Konsumen dari makanan ini adalah umum.

B.     Bahan Baku
Bahan baku utamanya adalah kentang. makanan bisa berbahan kering/basah. Untuk memperbanyak makanan bisa saja saya melakukan kerja sama dengan toko lain untuk menyetorkan berbagai macam makan ringan.

C.    Proses Produksi
Sebelumnya kami siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang    dibutuhkan yaitu:
- ½ kg kentang, cuci bersih lalu kupas kulitnya.
- Minyak goreng secukupnya
- 1 sdt kapur sirih, larutkan pada sedikit air
- Air secukupnya
- Bubuk penyedap rasa sesuai selera, disini kami menggunakan 2 rasa yaitu manis dan pedas.
Cara membuatnya:
- Kentang yang sudah dikupas dan dicuci, iris tipis-tipis, bisa juga menggunakan akan pemotong kentang agar tipisnya rata
- Siapkan air panas dan beri air kapur sirih, lalu masukkan kentang yang sudah diiris
- Rendam kentang selama 30 menit.
- Setelah itu, angkat dan cuci bersih kentang. Tiriskan
- Siapkan minyak goreng panas dengan api yang tidak terlalu besar (sedang) lalu   goreng kentang dan pastikan kentangnya terendam minyak.
- Goreng hingga kentang berwarna keemasan atau kuning.
- Angkat, tiriskan.
- Taburi dengan sedikit garam, lalu taburkan bubuk penyedap rasa sesuai selera.

D.    Pemasaran
Segmen pasar yang dibidik adalah wilayah Demak. Diperkirakan dengan jumlah penduduk  jiwa jika 5% dari jumlah penduduk yang menjadi sasaran pemasaran tertarik pada usaha beli(keripik kentang), maka akan ada calon konsumen sebesar  konsumen. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan cara menawarkan barang kepada seseorang. Dengan asumsi konsumen orang, maka jumlah produk yang harus dihasilkan adalah kurang lebih  pasang per bulan.

E.     Tempat Produksi
Tempat produksi dilakukan di wilayah demak tepatnya di toko-toko terdekat. yang lebih sering banyak pembelinya.

F.     Strategi Pemasaran
1.      promosi
2.      Mendatangi langsung konsumen

G.    Analisis SWOT
Sebelum melaksanakan sesuatu usaha baru kita perlu mengetahui hal-hal / aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya aspek kekuatan (streght), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunities), dan ancaman (threat).
Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancer dan sukses.
Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek di atas :
1.      Strength
a.       makanan sudah menjadi kebutuhan pokok manusia jadi makanan akan terus dicari oleh banyak orang.
b.      makanan juga banyak berbagai macam rasa yang unik dan lezat.
2.      Weakness
a.       Perkembangan berbagai makanan sangat cepat sehingga menyulitkan untuk lebih mengembangkan ide yang lebih baru lagi.
b.      Banyaknya pesaing yang beroprasi didaerah tempat yang sama.
3.      Opportunities
a.       Bahan yang digunakan mudah di dapat
b.      Pengelolaannya cukup mudah
c.       Mendatangkan keuntungan yang lumayan
4.      Threat
a.       Perkembangan toplesbanyaknya penjual lain yang cepat membuat konsumen kita akan beralih ke jenis makanan yang lebih terbaru lagi
b.      Pesaing yang menjual produk sejenis semakin banyak
BAB IV RENCANA BIAYA
A.    Rencans Biaya Usaha
Rencana biaya usaha yang akan kami lakukan sebagai berikut :
1.      Biaya Operasi
a.       Bahan Baku
No.
Urian
Vol
Satuan
Harga / Sat (Rp.)
Jumlah (Rp.)
1.
kentang
1,5
kg
10.000,-
15.000,-
2.
Minyak goreng
1
liter
12.000,-
12.000,-
3.
Bumbu
2
bungkus
4.500,-
9.000,-
Total
36.000,-

b.      Bahan Pembantu
                                                           
No.
Uraian
Vol
Satuan
Harga/sat (Rp)
Jumlah

Plastik
1
pack
3.500,-
3.500,-

Garam
1
pack
1.000,-
1.000,-

Kapur sirih
-
-
1.000,-
1.000,-
Total
5.500,-


A.    Menghitung Harga Jual
No.
Uraian
Jumlah Biaya (Rp.)
Kapasitas Produk
Biaya per Unit
1.
Biaya bahan baku per hari
36.000,-
20
1.000,-
2.
Biaya bahan tambahan per hari
5.500,-
20
500,-
Total biaya operasi per hari
41.500,-
Total biaya per bungkus
1.500,-
Margin keuntungan yang diharapkan
30%
Harga jual produk per bungkus
2.000,-



BAB V ORGANISASI PELAKSANA
A.    Personal
Personal pelaksana kegiatan usaha tersusun berikut :
No.
Nama
Pendidikan
Deskripsi Tugas
1.
Alfiatun nadroh
SLTA/sederajat
Produksi
2.
Fauziah rahmawati
SLTA/sederajat
pemasaran
3.
Nunik asih styani
SLTA/ sederajat
Produksi
4.
Umi farida
SLTA/sederajat
Produksi
5.
Yesi nur khofifah
SLTA/sederajat
Pengelola

B.     STRUKTUR ORGANISASI








 







 























BAB VI PENUTUP
            Demikian proposal usaha keripik kentang yang kami buat. Adapun tujuan proposal ini yaitu untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk kami dan mengundang para investor untuk bekerja sama membangun usaha keripik kentang ini. Isi dari proposal ini yaitu terdiri dari perkenalan produk,proses produksi rincian biaya yang dibutuhkan dalam berproduksi, analisis SWOT produk hingga struktur organisasi pengelola.
            Semoga apa yang tertulis dalam proposal ini dapat di mengerti dengan mudah dan calon investor tertarik untuk bergabung dalam usaha ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.






Post a Comment

0 Comments