Bersantai Ria dengan Novel Hung Out karya Bella ZMR


Judul buku: Hung Out
penulis: Bella ZMR
Penerbit: Grasindo
tahun terbit: 2018
tebal buku: 514 Halaman

Assalamualaikum....
Princess Apel comeback dengan sebuah novel yang pernah menjadi incaranku saat pertama kali Grasindo mulai melakukan strategi pemasaran novel ini. Sebuah novel karya Bella ZMR berjudul Hung out yang beberapa kali juga sempat diulas untuk para bookstagrammer.

Langsung cek blurb yok...

*_*_*_

“Kamu tahu apa beda kopi dan menyukai kamu? tak ada yang berebda, keduanya sama-sama pahit.”

Valenia Talita: Selama enam tahun, hidupku sangat membosankan. orang-orang yang aku temui tidak banyak, hanya Mami, Asistem rumah tanggaku, Sopir kepercayaan mami, Dokter pribadiku dan beberapa guru home scholing yang mengajariku dengan raut wajah iba. Bagaimana tidak iba? di usiaku yang belasan, aku divoni memiliki penyakit yang siapapun mungkin menolak menjadi diriku.

Gabrino Fadel alfazair: Hidupku biasa-biasa saja, terkesan membosankan. Di rumah yang katanya adalah tempat ternyaman untuk berpulang, aku malah merasakan seperti di neraka. Hidupku melelahkan, terlebih saat aku menyukai seorang perempuan yang berpacaran dengan temanku sendiri. Aku punya segalanya, kecuali kebahagiaan.

*_*_*_

jadi sudah tau ya, kisah ini tentang Valenia Talita dan Grabino Fadel Alfazair. Lebih jelasnya lagi, Valenia talita yang merupakan seorang mayoret di marching band sekolahnya menyukai Gabrino. Ia menyukai Gabrino tanpa alasan. Bahkan ketika gabrino memilih diam dengan wajah datar dan mengacuhkannya. Dengan wajah cantik dan tubuh yang sempurna, bisa saja Valen memilih cowok lain, namun ia tak bisa. Hatinya sudah tertambat pada Gabrino.

Gabrino memilih untuk menambatkan hatinya padanya Andini. Sahabatnya yang sudah berpacaran dengan teman mainnya, bernama Rendi. Ia sudah berulang kali menyatakan perasaannya kepada Andini, namun berulang kali pula Andini menolaknya. Banyak cara telah Gabrino lakukan agar Andini melirik kehadirannya, namun ternyata kehadirannya hanya dianggap sebagai kepedulian seorang sahabat. Tidak lebih.

Ketika akhirnya Gabrino menyerah untuk Andini, ia mulai melirik Valen dan merasa ia terlalu menyakiti Valen. Ia mencoba untuk membuka hati untuk cewek lain, Valen tepatnya. Ia menjalin hubungan dengan Valen.

Namun, hubungan yang didasari dengan sebuah keterpaksaan tak ada artinya apa-apa. Apalagi ketika fakta telah berbicara bahwa hubungan itu Gabrino jadikan sebagai pelarian saja. Situasi semakin tidak terkendali ketika Valen mulai menyadari hal tersebut dan Andini yang mulai merasa kehilangan Gabrino.

Jujur, diawal cerita aku merasa bosan dengan cerita yang berlatar kota Palembang ini. Aku kurang suka dengan perumpaan yang coba disampaikan oleh penulis. Apalagi ditambah beberapa typo di beberapa kalimat, membuatku semakin ingin segera menutup buku.

Tapi akhirnya aku menyelesaikan cerita ini dengan alasan aku penasaran dengan akhir kisah dari Gabrino dan Valen. Akhir yang membuat orang terkejut. Skenario yang di luar dugaan, yang awalnya sempat dipercaya.

Untuk alur cerita, penulis menyajikan dengan alur campuran. Beberapa kali penulis kembali ke kejadian beberapa jam atau beberapa hari yang lalu yang mengandung kebenaran dari cerita tersebut.

Sampai akhir cerita, aku belum bisa mendapatkan maksud dari judul cerita ini. Secara arti biasa, Hung out berarti bersantai. Tapi di sini, tidak ada yang bersantai. Valen dengan vonis menyakitkannya. Gabrino dengan usaha untuk kembali menyakinkan Valen. Dan Andini yang terus mencoba untuk membuat Gabrino kembali padanya. 

Atau mungkin saja, Penulis memiliki tujuan dan arti sendiri dari pemilihan judul ini. Atau mungkin aku yang kurang membaca secara teliti dan tidak bisa memahami secara perasaan. Aku perlu membacanya ulang. :) 

Selain itu, Bukannya novel ini tidak bagus atau bagaimana, hanya saja novel ini di luar ekspektasiku. Memang mengharapkan sebuah cerita dari novel yang kita baca itu tidak baik. Karena hal itu dapat berpotensi mengurangi minat baca kita ketika semuanya tidak sesuai harapan.

Sekian dari ulasan kali ini. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya.
Wassalamualaikum....


Post a Comment

0 Comments