Mengulas Novel Karya Stefiani Berjudul 171 Hours


Judul buku: 171 Hours
Penulis : Stefiani Emasurya
Penerbit: Grasindo
Tahun terbit: 2018
Tebal buku: 259 Halaman

Assalamualaikum...
Kamu, iya kamu. Kamu butuh berapa lama untuk jatuh cinta? lebih tepatnya, kamu butuh berapa lama untuk membuat diri kamu yakin bahwa dia adalah orang yang kamu cari selama ini? Yakin bahwa dia adalah orang yang paling mengertimu setelah keluarga dan teman dekatmu. Dia yang notabene orang asing, berhasil membuatmu yakin bahwa dia adalah orang yang siap menjadi lingkaran dalam lingkup paling dekat dengan dirimu.

Jangan tanya aku, aku bahkan tak pernah yakin dengan orang-orang yang ada di sekitarku. Karena seperti Hukum Newton III, aksi-reaksi. Kehadiran seseorang dalam kehidupan kita itu disebut aksi. Dan akan selalu menimbulkan reaksi dalam bentuk yang tak kita duga. Bisa saja reaksi itu baik atau mungkin berdampak negatif untuk kita.

Berbeda dengan Maura dan Lucas, mereka hanya membutuhkan waktu 171 jam untuk jatuh cinta dan yakin dengan satu sama lain. Penasaran dengan kisah mereka? 
Baca blurb-nya dulu yok...

*_*_*_

Lucas menuang dua gelas bourbon dan berjalan mendekati gadis yang duduk di meja bar. Gadis murung itu duduk dengan tangan kiri menopang kepala dan telunjuk kanan memutari bibir gelas kristalnya puluhan kali.

Lucas masih berjarak dua langkah dari Maura saat gadis itu menoleh ke balik punggungnya. Ia tersenyum kecil. “Kau menemukanku lagi,” Lucas menyodorkan minumannya yang diterima Maura. Ia kemudian mengambil gelas di meja dan tidak perlu satu detik untuk mengenali aroma Mirage 50 vodka.

“Kau dicampakkan lagi,” simpulnya.

“Hum,”

Maura tertawa menyedihkan.


Lucas kemudian melangkah lebih dekat dan mengulurkan tangan meyentuh pipi Maura. Gadis itu terkejut dan mencoba menjauh, tetapi Lucas menahannya.
“Ssst, aku tidak mungkin melukaimu,” Lucas terus mendekatkan wajahnya dan berhenti tepat sebelum bibir mereka bersentuhan. “Stop Running from me. You know i’ll be the one walk you down the aisle.”

*_*_*_

Setelah itu, kenalan sama tokoh-tokoh yang ada di cerita ini.

Namanya Maura. Asisten manajer di sebuah hotel besar di Bali. Dia seorang gadis yang perfeksionis. Kehilangan kedua orang tua dan hanya hidup bersama kakak dari ibunya, membuat Maura menjadi gadis yang mandiri.

Lucas Timothy. Merupakan seorang koki eksekutif di hotel yang sama tempat Maura bekerja. Memilih menetap di Indonesia setelah dua tahun kembali ke Australia. Hidup sendirian di negeri orang membuat Lucas tetap memegang prinsip hidup dari Australia. Termasuk tentang cara mencintai seseorang.

Jadi, kisah ini berawal saat Lucas sedang berjaga di sebuah meja bar restoran di hotel tempatnya bekerja. Pada saat yang sama, Maura datang dengan wajah kusut memesan sebuah minuman. Mereka terlibat sedikit adu mulut yang membuat Maura semakin buruk dalam menghadapi harinya. Namun setelah itu, Lucas mendekati Maura dengan alasan penasaran dan untuk meminta maaf.

Maura mulai merasakan kehangatan di balik tatapan tajam Lucas. Ia sering mencari Lucas dan memilih menceritakan harinya kepada Lucas. Lucas pun demikian. Dia merasa ditarik dan mengharuskan dirinya berada di dekat Maura. Ia menikmati setiap detik, bergulirnya waktu bersama Maura.

Masalah datang ketika ternyata orang yang mencari keributan di hari Maura adalah mantan pacarnya bernama Matthew yang sebentar lagi akan menikah di hotel tersebut. Fakta bahwa Matthew masih menginginkan Maura membuat Maura bingung. Hal itu juga membuat Anna, calon istri Matthew, marah besar terhadap Matthew terutama Maura. Ia ingin membunuh Maura.

Genre yang paling dominan dalam cerita ini yaitu romance. Kemudian ditambah dengan bumbu keluarga, dan berlatar pekerjaan. Bali menjadi latar tempat cerita. Cerita ini juga sedikit banyak membahas tentang bom yang menyerang Bali beberapa tahun yang lalu. Kenyataan bahwa peristiwa bom bali memberikan dampak yang sangat besar bagi korban maupun keluarga korban yang ditinggalkan.

Untuk alur cerita, semuanya tersaji dengan baik. Walaupun ada beberapa kisah kilas balik, tak masalah. Semuanya masih bisa dinikmati tanpa ada kebingungan.

Hanya untuk U17+

Benar sekali. Cerita ini hanya untuk kalian yang sudah berumur 17 tahun ke atas. Di bawah itu dilarang banget untuk membacanya. Sebenarnya dalam cerita ini tidak ada adegan k***ur atau apapun yang berbau dewasa. Namun, entah kenapa feelnya seperti cerita dewasa. kalimat-kalimat yang digunakan penulis menggambarkan bahwa cerita ini tentang dua manusia dewasa yang sedang menjalin kisah asmara.  

Selain itu, ada pengungkapan kasus pembunuhan yang memang tidak seharusnya dibaca oleh anak-anak atau remaja.

Sekian dari ulasan buku kali ini. Jangan lupa untuk terus membaca. Karena membaca kamu akan tahu, ada hal yang kamu anggap tidak ada, namun itu nyata dan bahkan pernah ada.
Wassalamualaikum....

Post a Comment

0 Comments