Review Buku "WEDDING WITH CONVERSE" karya Inggrid Sonya



judul buku: Wedding with Converse
Penulis: Inggrid Sonya
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Tahun terbit: 2017
tebal halaman: 429 halaman+cover

blurb:
Raskal dan Joana, dua orang siswa SMA yang kini sedang dijerat putus asa akan kenyataan hidup.
Mereka bersahabat dari kecil, namun persahabatan itu harus putus karena terjadinya sebuah peristiwa; Joana hamil dan Raskah terjebak lingkup narkoba.

Cita-cita, harapan dan juga angan-angan musnah sudah untuk keduanya. Raskah yang tidak lain adalah laki-laki yang bertanggung jawab atas kehamilan Joana, terpaksa harus menikahi gadis itu. Namun, seklai lagi ditegaskan, walau raskah adalah sahabat kecilnya, kini Joana menganggap Raskah hanya sebagai laki-laki brengsek yang harus mempertanggungjawabkan semuanya.

Raskah pikir, pernikahan adalah ujian terberatnya. Tapi, saat waktu terus bergulir dan dia menyadari orang-orang yang dicintainya mulai pergi meninggalkannya, Raskah baru mengerti kalau dirinya memang tidak bisa tertolong lagi.


Assalamualaikum...
Farida comeback dengan review buku yang nggak kalah seru dari buku yang kemarin lusa aku ulas. Langsung aja, ya...

Kalo dilihat dari blurb-nya, temen-temen penasaran gak sih sama isi dari novel ini? Kalo aku pribadi penasaran lah... Dari awal aku baca Blurb buku di bagian belakang, aku udah banyangin tuh.. bagaimana mana nanti alur ceritanya. Kemudian setelah aku memutuskan untuk membacanya, setiap aku menduga-duga kelanjutan cerita di halaman berikutnya, selalu saja dugaanku salah. Ah.. habis ini bakal kayak gini. Aku sudah mikir kayak gitu, tapi ternyata yang ku baca tidak sesuai dari dugaaanku. Dan ternyata nggak ketebak sama sekali. Alurnya keren abis...

Selama aku baca novel ini, aku nggak pernah bisa berhenti dan tutup buku. Paling berhenti beberapa saat karena aku nggak kuat sama adegannya. (Nggak kuat bayangin adegannya. Jadi aku tutup sebentar, hehehhe) Tapi akhirnya aku lanjutin. Yang bikin betah yaitu selain alurnya juga penokohannya. Karakter dan sifat tokoh sangat konsisten dan dijabarkan dengan baik.

Seperti yang tertulis di cover belakang buku Wedding with Converse, buku itu menceritakan tentang seorang gadis dan seorang laki-laki yang telah berteman sejak mereka masih duduk di bangku SD. Sampai di bangku SMA mereka masih bareng-bareng. Namun, mereka terjebak pergaulan bebas hingga membuat sang gadis hamil dan sang laki-laki merupakan pengguna narkoba. Novel ini juga menceritakan tentang arti sebuah kehilangan. Kehilangan orang-orang yang terkasih merupakan hal yang paling menyakitkan. Namun, di dalam novel ini juga mengajarkan kita bahwa kehilangan itu membuat kita lebih dewasa dan tahu bagaimana cara menghargai kehadiran orang-orang di sekitar kita.

Novel yang bergenre romance ini mengajarkan kita tentang arti sebuah kerja keras. Raskal dan Joana sempat merasa hidup mereka penuh dengan kesedihan, kepedihan dan kehilangan hingga akhirnya hanya menyisakan sakit dan penyesalan. Namun, mereka tahu dan sadar untuk memperbaiki diri. Ketika keadaan sudah benar-benar putus asa dan tak ada harapan lagi, mereka mencoba mengais secercah harapan kecil yang tersisa.

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita ini. Tentang pentingnya pendidikan, keluarga dan sahabat. Tentang kerja keras dan tanggung jawab akan tugas yang telah diamanahkan untuk kita. Tentang bagaimana kita menghargai waktu yang telah Tuhan berikan kepada kita. Wah... jadi terharu saya...

Akhirnya, aku kasih bintang 5 untuk novel ini. Kenapa 5? karena sempurna bagiku. Novel ini penuh dengan makna yang dapat kita praktekkan di kehidupan nyata. Teknik penulisannya juga sangat menyenangkan untuk dibaca. Tapi jika temen-temen kurang berkenan, temen-temen boleh membacanya dan share ke aku mengenai pendapat kalian tentang buku ini. 
Selanjutnya, jangan lupa untuk terus membaca. Karena membaca adalah jendela dunia.
Wassalamualaikum...

Post a Comment

0 Comments