Mengenal Lebih Jauh Arti Sebuah Sahabat Bersama "Matt & Mou" Karya Wulanfadi



Judul buku: Matt & Mou
penulis: Wulanfadi
penerbit: GagasMedia
tebal buku: 342 halaman
tahun terbit: 2016

Assalamualaikum...
Ada yang kenal Wulanfadi? Pasti beberapa mengaku tahu tapi tidak kenal, Iya kan? Karena beberapa dari kalian pasti ada yang belum bertemu secara langsung dengan dia, begitu juga dengan aku. Aku tahu tentang Wulanfadi tapi aku tidak mengenal dia. :)

Jadi, Farida comeback dengan sebuah ulasan dari salah satu karya milik Wulanfadi yang akan diangkat di layar kaca. Sebuah novel yang menceritakan tentang perasaan yang berkedok pada  sebuah janji persahabatan. Cerita tentang cowok dingin bernama Matt dan cowok hiperaktif bernama Mou.

Sebelum mengulas lebih dalam, yok baca blurbnya dulu.

*_*_*_

“Lo aja masih ngelak sama perasaan lo. Gimana dia mau berharap lebih?”

Namanya Matt. Cowok antisosial yang bisa kau temui di pojok kelas, atau di kantin dengan buku bacaan tebalnya. Benar-benar tertutup. Apalagi soal perasaan. Kemudian kepergian ayahnya semakin membuat Matt enggan membuka diri.

Lain lagi dengan Mou. Cewek hiperaktif yang bisa kau temui di keramaian kantin, atau di lapangan sekolah sebagai pemandu sorak. Benar-benar terbuka.. Apalagi soal perasaan. Perceraian orangtuanya membuat Mou terpaksa menutupi kesedihan dengan tawa.

Keduanya bersahabat karena kegigihan Mou. Lalu, dalam persahabatan, apa wajar jika timbul kata cinta? Jika itu terjadi, apakah persahabatan akan tetap sama? Bagaimana jika mempertahankan persahabatan menyisakan sakit saja? Dan benarkah cinta akan memihak jika kau sungguh-sungguh dengan segenap hati dan rasa?

Dan begitulah blurb dari novel Matt & Mou karya Wulanfadi. Dalam novel ini, penulis menceritakan sebuah persahabatan yang lucu dan indah. Lucu karena setiap percakapan yang terjadi hanya menyisakan kesal dan cemberut. Matt yang kesal karena perilaku Mou yang berlebihan dan Mou yang kesal terhadap perilaku Matt yang super cuek dan dingin. 

Bagian indah dari cerita ini yaitu Matt begitu menjaga Mou. Matt menjaga Mou dari apapun yang bisa menyakiti Mou. Termasuk soal hubungan Mou dengan cowok. Matt rela bertengkar demi menjaga Mou agar tidak disakiti. Ia juga rela menjaga rahasia hatinya dengan sangat rapat agar ia tetap bisa bersama Mou, menjaga Mou. Fakta bahwa Matt mencintai Mou dijaga dengan rapat-rapat oleh Matt.

Klise memang cerita ini. Dimana cerita ini sering menjadi tema dan topik kebanyakan penulis muda. Tak berbeda jauh dengan Wulanfadi, tema persahabatan menjadi cinta dijadikan penulis sebagai topik dalam ceritanya kali ini. Begitu juga dengan sifat dan karakter tokoh, hampir semua penulis muda menulis tentang karakter tokoh seperti itu. Sang cowok dengan sikap dingin dan cuek, sedangkan sang cewek dengan sikap manja dan terkesan cerewet.

Namun penulis tetap penulis. Di dalam otaknya akan tetap ada cerita dan pembawaan lain. Setiap kepala memiliki pikiran masing-masing. Bagusnya di novel ini, Wulanfadi berhasil membawa pembaca untuk melanjutkan membaca dengan rasa kepo dan penasaran. Dari awal cerita, aku sudah bisa menebak akhir dari cerita tanpa harus membaca di halaman terakhir. Namun, ditengah perjalanan membaca, penulis berhasil membuatku sedikit tidak yakin tentang akhir yang telah aku tebak.

Selain itu, penyampaian karakter tokoh sangat kuat sehingga membuatku berhasil terbawa suasana. Seperti biasa, aku tertawa dan sedih karena sebuah buku. hehehehhe...

Aku beri bintang 4/5 untuk novel Matt & Mou.
Sampai di sini dulu ulasan buku dari aku, sampai ketemu ulasan selanjutnya. Jangan lupa membaca... bye bye..
Wassalamualaikum....

Post a Comment

0 Comments